Definisi Psikologi pendidikan
Psikologi terdiri atas dua kata,
yaitu psyche dan logos, psche adalah bahasa
Yunani yang artinya jiwa, sedangkan logos artinnya ilmu.
Jadi psikologi dapat diartikan dengan ”ilmu Jiwa”. Makna ilmu jiwa bukan
mempelajari jiwa dalam pengertian jiwa sebagai soul atau roh,
tetapi lebih kepada mempelajari gejala – gejala yang tampak dari manusia yang
ditafsirkan sebagai latar belakang kejiwaan seseorang atau spirit dari manusia
sebagai makhluk yang berjiwa.
Manusia terdiri atas jasmani dan
rohani. Jasmani sama dengan badan atau anggota tubuh, sedangkan rohani sering
diartikan dengan jiwa. Fungsi badan atau tubuh bergantung pada jiwa karena
jiwalah yang membuat tubuh dapat berfungsi. Orang yang jiwanya diambil Tuhan,
berarti tubuhnya mati. Jiwa berbeda dengan jasmani atau tubuh karena jiwa bukan
sesuatu yang bersifat materi sehingga jiwa tidak dapat dipelajari secara
langsung, melainkan melalui tubuh. Segala sesuatu yang diperlihatkan oleh tubuh
melalui perilaku tertentu dipelajari sebagai bagian dari gambaran jiwa.
Psikologi juga dapat diartikan
sebagai ilmu yang mempelajari sifat – sifat kejiwaan manusia dengan cara
mengkaji sisi perilaku dan kepribadiannya, dengan pandangan bahwa setiap
perilaku manusia berkaitan dengan latar belakang kejiwaannya. Jadi jiwa
mengandung pengertian – pengertian, nilai – nilai kebudayaan dan kecakapan –
kecakapan.
Pendidikan berasalah dari kata
“didik”, lalu kata ini mendapat awalan me sehingga “mendidik”, artinya
memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan
adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Selanjutnya , pengertian “pendidikan”
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah proses pengubahan sikap dan tata
laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui
upaya pengajaran dan pelatihan.
Psikologi pendidikan adalah sebuah
pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber –
sumber untuk membantu anda melaksankan tugas sebagai seorang guru dalam proses
belajar-mengajar secara lebih efektif (Barlow: 1985). Dalam definisi lain
(Tardif: 1987) psikologi pendidikan sebagai sebuah bidang studi yang
berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk
usaha-usaha kependidikan.
·
Adapun
ruang lingkupnya, meliputi :
1. Situasi atau tempat yang berhubungan
dengan mengajar dan belajar.
2. Tahapan – tahapan dalam mengajar dan
belajar.
3. Hasil – hasil yang dicapai oleh
proses mengajar dan belajar.
Dari uraian diatas, dapat
disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah pemahaman dari uraian psikologi
yang dalam penguraian lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan
perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubunhgannya
dalam masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan
belajar.
Ruang
Lingkup Psikologi Pendidikan
Ruang
Lingkup Psikologi Pendidikan banyak dikemukakan
oleh para ahli, diantaranya hal ini dikemukakan oleh Crow & Crow yang
menjelaskan ruang lingkup pendidikan dalam beberapa poin, diantaranya; sejauh
mana faktor-faktor pembawaan dan lingkungan berpengaruh terhadap belajar,
sifat-sifat dari belajar itu sendiri, hubungan tingkat kematangan dengan
kesiapan belajar atau yang disebut dengan learning
readiness.
Selain itu, perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama
proses belajar, hubungan antara prosedur mengajar dan hasil belajar peserta
didik, cara atau teknik yang sangat efektif untuk kemajuan belajar dan akibat/
pengaruh psikologis yang ditimbulkan para peserta didik oleh kondisi sosiologis
dan sebagainya.
Pada
intinya, psikologi pendidikan itu ruang lingkupnya membahas
tentang hereditas dan lingkungan, pertumbuhan dan perkembangan, hasil proses
pendidikan dan pengaruhnya, potensial dan karakteristik tingkah laku, dan
evaluasi belajar.
Recent
search terms:
- Manfaat psikologi pendidikan
- Pengertian psikologi pendidikan
- Ruang lingkup psikologi pendidikan
- Ruang lingkup tujuan serta manfaat
mempelajari psikologi pendidikan
- Pengertian dan manfaat psikologi
pendidikan
- Manfaat psikologi
- Pengertian psikologi pendidikan dan
manfaatnya
- Pengertian psikologi pendidikan dan
manfaat
- Psikologi pendidikan dan manfaatnya
Walaupun demikian, pada
dasarnya psikologi pendidikan membahas hal-hal sebagai berikut:
- Hereditas dan Lingkungan
- Pertumbuhan dan Perkembangan
- Potensial dan Karakteristik Tingkah laku
- Hasil Proses Pendidikan dan Pengaruhnya
Terhadap Individu yang Bersifat Personal dan Sosial
- Higiene Mental dan Pendidikan dan
- Evaluasi Hasil Pendidikan
Comments
Post a Comment